Cara Mengatasi Kutu Jarum pada Ikan Hias

By | March 1, 2018

Kutu jarum atau kutu jangkar adalah parasit besar yang terkadang menyerang ikan hias. Parasit ini disebut kutu jarum karena bentuk tubuhnya memang mirip dengan jarum yang melekat pada ikan. Disebut juga jangkar kutu karena parasit ini menggunakan semacam kait jangkar di kepalanya untuk menempel pada tubuh ikan.
Kutu, yang dalam bahasa Inggris disebut cacing jangkar, sebenarnya adalah krustasea yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah dan memakan sebagian sel ikan. Ada berbagai jenis kutu jarum, tetapi jenis yang paling umum adalah Lernae cyprinacea. Jenis ini cukup umum di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Cara menyembuhkan ikan terserang kutu jarum

Kutu jarum dewasa memiliki ukuran tubuh yang cukup besar untuk muncul dengan mata telanjang. Sebenarnya, untuk menghadapi serangan kutu jarum dewasa sangat mudah. Yang harus dilakukan adalah menghilangkan kutu dari tubuh ikan. Kutu dapat dihilangkan langsung dengan jari-jari Anda atau dengan bantuan pinset untuk membuatnya lebih mudah.

Namun, dalam menghilangkan kutu harus hati-hati karena jika kepala dibiarkan di dalam tubuh ikan, itu dapat menyebabkan infeksi samping. Jadi, cobalah untuk menghilangkan kutu sehingga semua bagian kepala ada di tubuh ikan. Bahasa yang sederhana adalah menarik ke akar.

Setelah kutu dikeluarkan dari tubuh ikan, berikan antibiotik ke akuarium agar ikan terhindar dari infeksi. Antibiotik yang diberikan dapat berupa tetrasiklin, amoksisilin, atau lebih mudah dan mudah diperoleh seperti metilen biru yang dijual di banyak toko ikan.

Bagian yang menempel pada kutu jarum umumnya akan melepuh dan keputihan. Namun, setelah perawatan dengan antibiotik selama beberapa hari, bekas luka akan sembuh dan kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *