Ikan Kembung bakar padang

By | November 12, 2018

Hallo…masih pada libur long weekend ya? Asiiiik…Kali ini sy masak kembung bakar ala resto padang itu lho. Pas banget kembung disini cakep2 kemarin dapat 6 ekor ukuran sedang ga gede2 banget cocoklah dibakar. Sy bikin bumbunya ga ditumis ya ,ngurangin minyak kan udh pake santan jg. Bumbu dan santan sy masak aja di kompor agak lama sampai bumbu bener2 matang dan bau langu hilang. Sedaap juga kog. Buat teman kembung bakar, sy rebus daun singkong tinggal metik di kebon, kebon orang..bikin sambal cabe hijau. Cabe hijaunya cuma 1 bj, sisanya metik cabe rawit yg masih ijo2 di pohon cabe kalo pohon cabe punya sy sendiri yak wkwkkwkw jd deh kita makan ala2 resto padang.

Bahan-bahan

  1. 6 ekor ikan kembung
  2. 2 btg sereh
  3. 4 lbr daun jeruk
  4. 1 lbr daun kunyit muda diiris halus
  5. 1 bh jeruk nipis
  6. 100 ml santan kental
  7. 2 gls air kurang lebih
  8. secukupnya garam, gula
  9. Bumbu yg dihaluskan :
  10. 15 btr bawang merah
  11. 6 siung bawang putih
  12. 6 bh cabe merah keriting
  13. 20 btr cabe rawit
  14. sejempol kunyit
  15. sejempol jahe

Langkah

  1. Bersihkan ikan kembung, beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Sisihkan  
  2. Masak santan, air, bumbu daun dan bumbu halus. Sy ga ukur airnya brp banyak kira2 segitu lah. Godog agak lama sampai bau langu hilang, bumbu nya matang  
  3. Masukkan ikan kembung. Tambahkan garam, gula  
  4. Masak sampai kuah menyusut, bumbu meresap. Jgn dibolak balik spy ikan ga hancur cukup balik 1x aja  
  5. Bakar ikan. Sy bakar pake kayu. Persis main masak2an 😁 lebih enaak dibakar pake kayu atau arang dibanding bakar teflon. Aroma asap nya ga dapat kalo bakar di kompor. Kalo malas ya bakar di kompor aja  
  6. Bakar ikan sambil dioles2 sisa bumbu sampai sedikit kering. Terlalu kering ga enak ya…sy suka ikannya masih juicy. Ikannya udh matang kog kan udh dimasak sebelum bakar  
  7. Selamat mencoba. Ini sedeep bgt wangi, gurih ngga kalah dr resto padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *