Ikan Kobia, Bernilai Ekonomis Tinggi

By | May 5, 2018

Ikan kobia (Rachycentron canadum) adalah spesies karnivora laut yang relatif baru di bidang budidaya dan belum banyak dikenal oleh masyarakat. Ketersediaan ikan ini masih terkendala karena kurangnya budidaya. Karena itu, nilai ekonomi ikan kobia sangat tinggi dan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Keuntungan utama kobia adalah pertumbuhannya yang cepat, dimana dalam kurun waktu 1 tahun dapat mencapai 4-6 kilogram. Meskipun termasuk ikan ukuran besar, ikan cobia mudah beradaptasi dengan lingkungan budidaya. Ikan ini masih terkait dengan hiu. Sebab, bentuk tubuhnya mirip dengan hiu kecil.

Kobia hidup di perairan tropis dan subtropis. Ikan dengan daging lezat ditemukan di Pasifik, Atlantik, dan barat daya Meksiko. Sementara itu, budidaya kobia di Indonesia hanya pada tahap percobaan. Namun, pembibitan dan pembesaran kobia bisa dilakukan.

Lokasi yang cocok untuk budidaya kobia, termasuk perairan selat kecil atau teluk yang terlindung dari gelombang dan badai. Selain itu, pola perubahan massa air adalah baik, bebas dari polusi, mudah diperoleh benih dan pakan, dan mudah diakses.

Keuntungan lain, kobia bisa dibudidayakan di kolam. Dengan begitu, populasi di semua pemeliharaan bisa besar dan dalam waktu singkat. Budidaya di kolam dilakukan ketika ikan memiliki berat 25-100 gram. Ikan cobia yang adaptif mencapai salinitas 5 per mil karena di habitat aslinya, ikan cobia dapat hidup di muara.

Ikan kobia, yang asli perairan Indonesia, sangat potensial untuk dikembangkan dan dapat menjadi sumber ikan dalam mendukung program peningkatan konsumsi ikan yang menargetkan 70 kilogram per kapita pada tahun 2024.

Sedangkan untuk rasa daging ikan kobia, teksturnya lembut dan kulit di sekitar kepalanya tebal seperti kulit sapi. Karena itu, ikan cobia adalah pilihan yang cocok untuk para penggemar pelet kulit sapi. Namun, kulit ikan lebih aman dikonsumsi karena tergolong asam lemak tak jenuh yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *