Keunggulan Lele Mutiara Jika Dibudidayakan

By | April 3, 2018

Lele mutiara telah hadir sejak 2015 dengan harapan dapat memenuhi keinginan para petani tentang kualitas yang dihasilkan. Lele mutiara memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan dibandingkan dengan lele lainnya. Beberapa keuntungan dari lele mutiara termasuk hasil yang lebih seragam, ketahanan terhadap penyakit, pakan yang lebih efisien, dan produktivitas yang tinggi.
Keunggulan utama benih lele mutiara, yaitu peningkatan kemampuan pertumbuhan parameter bobot badan kumulatif sebesar 52,64 persen dari populasi asli. Peningkatannya adalah 20,59 persen pada generasi pertama, 11,80 persen pada generasi kedua, dan 20,24 persen pada generasi ketiga.

Dalam uji multilokasi dan uji multisistemik, peningkatan juga terlihat dalam hal produktivitas, efisiensi pakan, ketahanan hidup dan keseragaman ukuran, serta daya tahan tubuh ikan lele. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang kelebihan ikan lele mutiara yang perlu Anda ketahui.

Tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi.
Durasi perawatan yang singkat. Periode pembesaran benih stocking adalah 5-7 cm atau 7-9 cm dengan kepadatan 100 ekor per meter persegi, berkisar antara 40-50 hari. Dalam kepadatan tebar 200-300 burung per meter persegi, periode pembesaran adalah 60-80 hari.
Keseragaman ukuran tinggi. Pada tahap produksi benih, 80-90 persen benih siap dijual dan panen pertama pada tahap pembesaran tanpa penyortiran diperoleh dengan ukuran konsumsi ikan lele 70-80 persen.
Feed Convertion Ratio (FCR) relatif rendah, yaitu 0,6-0,8 di pembibitan dan 0,8-1,0 selama pembesaran.
Resistensi terhadap penyakit relatif tinggi. Tingkat kelangsungan hidup pembibitan benih berkisar antara 60 hingga 70 persen pada infeksi bakteri Aeromonas hydrophila (tanpa antibiotik).
Toleransi lingkungan relatif tinggi. Lele mutiara dapat hidup pada suhu 15-35 ° C, pH 5-10, kadar amonia <3 mg / L, dan kadar nitrit <0-10 persen.
Produktivitas yang relatif tinggi. Produktivitas pada tahap pembesaran 20-70 persen lebih tinggi daripada biji galur lain.
Proporsi daging relatif tinggi.
Bagian dari keuntungan bisnis pada tahap pembesaran lebih tinggi daripada benih dari strain lain.
Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa budidaya lele mutiara lebih efisien sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan pun semakin besar. Keuntungan besar ini juga berdampak pada peningkatan persyaratan benih sehingga menjadi bidang bisnis yang terpisah di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *