Manfaat Ikan Tongkol Ternyata Luar Biasa

By | January 14, 2018

Tuna adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan nutrisi karena proteinnya, asam lemak omega-3 dan nutrisi mikro. Tuna juga kaya akan vitamin B12, selenium, niasin, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin B6, potasium, tiamin, asam pantotenat, zat besi, tembaga, dan vitamin A. Karenanya, manfaat tuna sangat baik untuk kesehatan.
Peluncuran dari Dr. Axe, American Heart Association sebenarnya merekomendasikan agar kami menyertakan setidaknya dua porsi ikan berlemak dalam diet mingguan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lalu, apa manfaat tuna bagi kesehatan?

1.Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kesehatan yang sering terjadi pada banyak orang. Ketika tekanan darah kita tinggi, ini membuat jantung kita bekerja lebih keras dalam memompa darah sehingga memiliki risiko penyakit jantung. Tuna dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Atherosclerosis, menyatakan bahwa konsumsi tuna secara teratur akan mengurangi tekanan darah secara signifikan. Studi ini melibatkan 12 pria tekanan darah tinggi yang mengonsumsi tiga kaleng tuna setiap hari selama delapan bulan.

2.Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di seluruh tubuh. Kita memang membutuhkan kolesterol, tetapi jika terlalu banyak akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras.

Karena itu, tuna dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Menurunkan kadar kolesterol tidak hanya dengan makan tuna tetapi mengurangi makanan cepat saji, melakukan olahraga teratur, dan menghindari stres.

3.Membantu melawan depresi

Ikan kembung mengandung asam lemak omega-3, sejenis lemak yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa penelitian mengatakan asam lemak omega-3 ini dapat membantu Anda dari depresi.

CNS Journal Neuroscience & Therapeutics mengatakan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala depresi hingga 50 persen pada mereka yang mengalami depresi berat, gangguan bipolar, dan depresi masa kecil.

Selain mengurangi depresi dengan makan tuna, Anda juga harus meluangkan waktu di luar rumah, makan makanan yang kaya probiotik dan mengikuti diet seimbang.

4.Menurunkan berat badan

Ikan tenggiri, yang kaya akan lemak dan protein sehat, membuat Anda merasa kenyang. Penelitian telah menemukan bahwa protein dan lemak mengurangi kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar, lebih dari karbohidrat. Dengan 20 gram protein, 15 gram lemak, dan nol karbohidrat per sajian, tuna bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet.

Namun, pastikan untuk memasangkannya dengan makanan tinggi protein dan serat tinggi lainnya untuk mencapai hasil maksimal. Tuna, yang kaya nutrisi, memberikan manfaat kesehatan bagi Anda, terutama membuatnya kurus dan mengatasi depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *